Kamis, 17 Juli 2014

Pengertian Proxy

Siapa sih yang tidak mengenal proxy? Proxy adalah suatu server yang menyediakan layanan untuk meneruskan setiap permintaan kita kepada server lain di internet, dengan menyeting proxy akan memudahkan pengguna internet untuk membuka/mengakses situs yang di blokir oleh server.

Dengan menggunakan proxy maka IP komputer (identitas) anda akan tersembunyi dan yang terlihat hanya IP dari proxy yang anda gunakan, dengan demikian anda akan menjadi lebih aman dalam hal berinternet.

Pada umumnya Proxy digunakan untuk kegiatan menyembunyikan identitas atau untuk menghindari pemblokiran akses ke suatu server.

Pengertian Proxy

Pernahkah anda ketika di sekolah/kantor ingin membuka suatu web (misalnya: Facebook) dan ternyata facebook tidak bisa dibuka dengan komputer yang anda gunakan?, yang bermasalah bukan facebooknya melainkan koneksi anda telah dibatasi oleh pemilik koneksi, ini dilakukan agar tidak terjadi penyalahgunaan konsentrasi belajar/bekerja karena sibuk pada jejaring sosial.

Dengan dibuatnya Proxy maka kita bisa mengakali pembatasan itu, request yang kita lakukan adalah menuju server proxy, bukan server Facebook sehingga tidak akan ada pembatasan akses.

Dengan menggunakan proxy maka semua paket data anda berubah, yang tadinya menuju server yang diinginkan, sekarang berubah menuju ke server proxy, gambarannya adalah seperti ini

Request/Permintaan
Komputer anda > Router Kantor/Sekolah > Proxy > Server yang dituju.

Reply/Tanggapan
Server yang dituju > Proxy > Router Kantor/Sekolah > Komputer anda.

Dengan cara ini maka Router kantor tidak mengetahui kalau paket data anda menuju ke Facebook, melainkan Router kantor hanya melihat Proxy.

Proxy membuat kita lebih bebas dalam hal berinternet, mengubah sebuah keterbatasan menjadi sebuah kelebihan.

Untuk cara menyetting proxy bisa dibaca di:

Artikel Terkait

Pengertian Proxy
4/ 5
Oleh

1 komentar:

Mohon masukkan saran / kritikan Anda. Atau tanyakan sesuatu yang tidak Anda pahami. Free promosi asal sopan.