Jumat, 12 September 2014

Cara Menambah RAM PC/Komputer/Laptop Menggunakan Flashdisk

Cara Menambah RAM PC/Komputer/Laptop Menggunakan Flashdisk - Flashdisk yang kita ketahui selama ini berfungsi sebagai alat untuk menyimpan data-data di komputer. Namun, tahukah anda jika flashdisk juga bisa digunakan untuk menambah RAM pada komputer?. Pertamanya mungkin terdengar tidak mungkin tapi ternyata ini bisa dilakukan tanpa menggunakan software apapun, melainkan sudah tersedia di pengaturan flashdisk pada komputer anda.

Cara Menambah RAM PC/Komputer/Laptop Menggunakan Flashdisk

RAM yang bisa ditambah juga tergantung pada kapasitas flashdisk, jika ukuran flashdisk anda hanya 1-2GB maka hasilnya tidak begitu terasa. Namun, jika flashdisk anda berukuran 16-64GB maka akan sangat terasa sekali pada penggunaan komputer anda.

Pernahkah anda saat membuka suatu aplikasi lalu muncul tulisan Not Responding ?. Jika iya, maka trik ini cocok bagi anda yang mengalami hal seperti itu, karena dengan trik ini masalah tersebut tidak akan terjadi lagi.

Untuk anda yang penasaran bisa menyimak tutorial dibawah. Trik ini saya praktekkan dengan Windows 7 Home Basic dan menggunakan Flashdisk Kingston Ukuran 2GB. Mungkin untuk Windows lain caranya agak berbeda.

Trik Menambah RAM Komputer

Sebelum menambah RAM, anda harus menyiapkan bahannya terlebih dahulu. Jika bahan sudah siap maka silakan baca tutorialnya.

Bahan :

Flashdisk ukuran 1GB/2GB/4GB/8GB/16GB/32GB/64GB (lebih besar lebih baik)

Sebelum Menambah RAM :

Sebelum menmbah RAM alangkah baiknya kalau anda memindah semua data yang ada pada flashdisk anda ke komputer anda. Ini bertujuan untuk memaksimalkan Penambahan RAM.

Cara Menambah RAM :

1. Klik kanan pada flashdisk, pilih Properties.
2. Pilih Tab ReadyBoost.
3. Pilih Use this device.
4. Silakan atur banyaknya kapasitas flashdisk yang akan dialih-fungsikan menjadi RAM.

Cara Menambah RAM PC/Komputer/Laptop Menggunakan Flashdisk

5. Klik OK


Selamat RAM Komputer anda sudah berhasil ditambah. Perlu anda ketahui, bahwa tidak semua flashdisk bisa dijadikan RAM, beberapa flashdisk yang disarankan seperti; SanDisk Cruzer, Verbatim Store n Go, Edge DiskGo, Corsair Flash Voyager, Lexar Lighting, Transcend JetFlash, Crucial Gizmo, Imation Swivel Pro, PNY Mini Attache, HP v125w, Kingston. Karena apabila flashdisk yang anda gunakan ternyata tidak support ReadyBoost, maka bisa menyebabkan kerusakan pada flashdisk.

Artikel Terkait

Cara Menambah RAM PC/Komputer/Laptop Menggunakan Flashdisk
4/ 5
Oleh