Minggu, 14 September 2014

Hal Yang Harus Dilakukan Seorang Blogger Sebelum Mempublikasikan Artikel/Post

Hal Yang Harus Dilakukan Seorang Blogger Sebelum Mempublikasikan Artikel/Post - Ketahuilah, ternyata banyak hal yang harus dilakukan seorang blogger sebelum mempublikasikan postingan/artikelnya. Ini bertujuan untuk memaksimalkan Kualitas Artikel pada suatu blog.

Hal Yang Harus Dilakukan Seorang Blogger Sebelum Mempublikasikan Artikel/Post

Sebagai seorang blogger, tentu kalian pernah mendengar istilah Content Is King atau Konten Adalah Raja. Menurut saya itu memang benar. Maka dari itu, kita sebagai blogger harus sangat memperhatikan isi dari konten yang kita miliki.

Apa Saja Yang Harus Saya Lakukan Sebelum Mempublikasikan Artikel? Pertanyaan tersebut sering kali ditanyakan oleh seorang blogger. Lalu apa yang sebenarnya harus dilakukan?.

Yang sebaiknya dilakukan sebelum mempublikasikan artikel ada banyak sekali, seperti mengoreksi apakah ada salah kata dalam artikel tersebut, menambahkan label, mengatur permalink dan lain-lain.

Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Mempublikasikan Postingan

Saya akan membaginya menjadi 2 yaitu pada Penulisan dan pada Pengaturan Blogger. Silakan anda baca dan pahami serta jangan lupa untuk di praktekkan.

Pada Penulisan :

1. Membaca dan Mengoreksi Kembali

Meskipun kita adalah blogger, kita juga harus memposisikan diri kita sebagai pembaca. Cobalah untuk membaca kembali artikel anda dan memperbaikinya apabila ada salah-salah kata. Pastikan artikel anda juga nyaman untuk dibaca.

2. Penambahan Tag, Bold, Italic, dll.

Ini juga sangat penting untuk blog. Selain membuat pembaca semakin nyaman karena artikel terlihat lebih rapi, Search Engine juga menyukai artikel yang memiliki Tag, Bold, Italic dan sebagainya. Tidak salah jika blog yang menggunakan cara ini sering kita jumpai pada halaman pertama pencarian Google.

3. Perhatikan Koma dan Titik serta Tanda Baca Lain

Penempatan koma dan titik yang bagus dapat mempermudah pembaca untuk lebih memahami artikel anda. Bandingkan artikel yang memiliki tanda baca dan artikel yang tidak memiliki tanda baca, tentu berbeda.

4. Pemberian Title dan Alt Pada Gambar

Bila artikel anda memiliki gambar, maka sebaiknya diberi Title dan Alt. Ini dikarenakan search engine tidak bisa mendeteksi gambar apa yang anda berikan pada artikel tersebut. Jika pada gambar Bola anda memberi Alt Kucing, maka search engine-pun akan menganggap gambar itu sebagai kucing. Melainkan, jika anda tidak memberikan Alt & Title, maka search engine akan menganggap gambar itu tidak ada.

Pada Pengaturan Blogger :

1. Pemberian Label

Pemberian label pada sebuah postingan akan memudahkan pengunjung untuk mengetahui topik yang akan dibahas pada artikel tersebut. Selain itu, Search Engine juga menyukai artikel yang menggunakan label daripada yang tidak.

2. Mengatur Permalink

Mengatur permalink sebelum mempublikasikan post sangatlah penting, karena bila postingan sudah dipublikasikan, maka tidak akan bisa untuk mengatur permalink. Pastikan permalink sudah anda atur dengan baik dan janganlah sampai terpotong atau tidak sesuai dengan judul postingan anda.

3. Memberikan Deskripsi Penelusuran

Deskripsi penelusuran harus diberikan untuk memaksimalkan artikel pada pencarian Google atau Search Engine lainnya. Artikel anda bisa dibilang "Satu Langkah Lebih SEO" bila menerapkan cara ini.

4. Mengklik "Pratinjau"

Ini juga wajib dilakukan, karena lebih baik dipublikasikan dan siap dibaca, daripada dipublikasikan dan dikoreksi lagi agar siap dibaca. Publikasikan artikel anda bila sudah benar-benar siap untuk diberikan kepada pembaca.


Saya rasa itu sudah cukup menambah wawasan anda. Tentunya sebelum mempublikasikan artikel ini, saya juga sudah menerapkan cara diatas. Dan apabila masih ada penulisan yang salah, itu mungkin dikarenakan saya sudah lelah sehingga kurang teliti dalam membuat artikel ini. Sekian, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Hal Yang Harus Dilakukan Seorang Blogger Sebelum Mempublikasikan Artikel/Post
4/ 5
Oleh